Night
bloggers ^^
Sekarang
saya akan membahas masalah PROSES BISNIS yang telah kami bahas dan pelajari
bersama dalam kelas maupun secara berkelompok.
PROSES
BISNIS yang akan dibahas yaitu PROSES BISNIS RENTAL MOBIL.
Menurut
saya, proses bisnis suatu perusahaan itu tidak dapat dilakukan sendiri oleh
pimpinan melainkan harus dilakukan oleh lebih dari 1 orang yang memiliki
pembagian kerja yang berjalan secara teratur sehingga perusahaan tersebut dapat
berkembang dengan baik serta saling berhubungan dan terkait satu sama lain
dalam melaksakan tugasnya masing-masing.
Oleh karena
itu, proses bisnis memerlukan struktur organisasi dan sumber daya dalam
pelaksanaanya serta memerlukan kebijakan dan aturan dalam mengatur pekerja
suatu perusahaan. Selain itu, dibutuhkan pula partisipasi yang aktif dari
seluruh pekerja bahkan pimpinan dalam memajukan suatu perusahaan.
Pendapat
saya itu, saya dapatkan berdasarkan hasil kerja kelompok yang saya lakukan
bersama teman kelompok saya saat mengerjakan tugas yang diberikan yaitu
menganalisis proses-proses bisnis apa saja yang diperlukan oleh rental mobil
dalam mencapai tujuan yaitu keuntungan bagi perusahaan.
Pertama-tama,
saya akan membahas apa saja yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan rental dalam
melakukan proses bisnis . . .
Suatu
perusahaan rental mobil, memerlukan (menurut kelompok saya) :
- Pimpinan yang membuka lapangan kerja sekaligus menanamkan modal akan perusahaan tersebut dapat berdiri.
- Divisi administrasi yang mengatur segala macam transaksi keuangan dan pembayaran yang terjadi dalam perusahaan baik pemasukan maupun pengeluaran.
- Divisi marketing yang melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan dan keingingan serta kepentingan pelanggan, seperti : melakukan promosi kepada masyarakat luas, menawarkan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pelanggan sebelum meminjam mobil tertentu.
- Divisi operasional dan pemeliharan yang mengatur segala keperluan dan perbaikan yang berhubungan dengan mobil dalam perusahaan rental mobil, seperti : pemeliharan kondisi mobil dan pengecekan mobil setelah dan sebelum dipinjam oleh pelanggan, mengurus penambahan unit mobil yang dilakukan oleh perusahaan.
- Divisi personalia yang megurus bagian pekerja (sopir) yang merupakan layanan tambahan yang disediakan oleh perusahaan bagi pelanggan.
- Pelanggan yang menyewa mobil dari suatu perusahaan rental mobil dan peran pelanggan sangat berpengaruh kepada suatu perusahaan karena jika tidak terdapat pelanggan maka suatu perusahaan tidak dapat berjalan.
Selanjutnya,
saya akan membahas hubungan dari semua divisi-divisi yang ada dalam perusahaan
rental mobil tersebut . . .
Hubungan semua
divisi-divisi tersebut adalah (menurut kelomok saya) :
- Seorang pimpinan mendapatkan laporan per bulan dari setiap divisi yang dimiliki suatu perusahaan seperti :
- Divisi administrasi memberikan laporan berapa keuntungan yang diperoleh per bulan, seberapa banyak pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan (pengeluaran perusahaan yaitu : biaya pemeliharaan mobil, biaya penambahan unit mobil) serta laporan biaya-biaya lain yang ada (seperti biaya denda keterlambatan pelanggan mengembalikan mobil serta denda yang dikenakan apabila merusak fasilitas mobil) dan tak lupa juga laporan gaji pegawai-pegawai termasuk sopir yang bekerja dalam suatu perusahaan.
- Divisi marketing memberikan laporan per bulan kepada pimpinan mengenai suara konsumen yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda serta jenis mobil yang diminati oleh pelanggan yang dapat menjadi info penting bagi pimpinan agar dapat mengelolah perusahaannya agar dapat menjadi lebih baik dengan mengikuti keinginan dan kebutuhan pelanggan serta divisi marketing pun melakukan aktivitas promosi yang harus di diskusikan dengan pimpinan, apabila disetujui oleh pimpinan maka promosi tersebut baru dapat dilaksanakan.
- Divisi operasional dan pemeliharan memberikan laporan per bulan kepada pimpinan mengenai jenis pemeliharan dan perbaikan apa yang telah dilakukan dalam waktu 1 bulan tersebut serta laporan pencatatan jumlah unit mobil (keadaan baik maupun kurang baik) sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam melakukan penambahan mobil.
- Divisi personalia memberikan laporan per bulan kepada pimpinan mengenai kondisi pekerja-pekerja yang ada termasuk apabila ada yang pekerja yang layak dikeluarkan atau mencari pekerja baru (termasuk sopir).
- Divisi administrasi berhubungan dengan :
o
Divisi
marketing :
§ Pelanggan melakukan pembayaran
apabila ada bukti pengisian formulir dari bagian marketing yang menjadi event
bagi bagian divisi agar dapat melakukan transaksi.
o
Divisi
operasinal dan pemeliharaan :
§ Bukti pembayaran dari bagian
administrasi di jadikan event bagi bagian operasional dan pemeliharan agar
dapat mengeluarkan mobil dari gudang,
begitu pula dengan pengembalian mobil.
§ Berhubungan pula apabila ada lecet
pada mobil yang telah dipinjam dan keterlambatan pengembalian mobil, maka pembayaran
denda tersebut akan dilakukan pada bagian administrasi.
§ Begitu pula pada masalah penambahan
mobil, tagihan pembayaran (dari supplier) akan dilakukan pada bagian administrasi.
§ Serta biaya pemeliharaan dan
perbaikan yang dilakukan pada bagian operasional dan pemeliharaan dilakukan
pada bagian administrasi.
o
Divisi
personalia :
§ Berhubungan dengan pembayaran gaji
pekerja-pekerja yang ada dalam suatu perusahaan.
- Divisi marketing berhubungan dengan :
- Divisi operasional dan pemeliharaan pada masalah penambahan unit mobil, dimana karena bagian marketing mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan maka bagian marketing memberikan info kepada bagian operasional agar menambah unit mobil (baik jenis maupun jumlah) sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kebanyakan pelanggan, dan adapula supplier yang berhubungan dalam masalah ini sebagai pemasok mobil bagi suatu perusahaan rental mobil.
Selanjutnyaa..
saya dan teman kelompok saya akan menggambarkan semua hubungan divisi-divisi dalam perusahaan rental mobil ini dalam bentuk FLOW CHART !
W a i t i n g !!
Thankyouuuu ^^ BYEEE ~
No comments:
Post a Comment