Friday, October 5, 2012

YES or NO Question ! ^^

Let's started ~~

Sabtu, 6 Oktober 2012..

Hari ini saya telah mempelajari mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak atau yang biasa disebut RPL. Pokok bahasan hari ini yaitu SOFTWARE..
Pada awalnya, pemahaman saya mengenai software hanya sekedar mengetahui bahwa software adalah aplikasi atau program yang biasa kita gunakan dalam komputer.
Namun, semenjak pengertian software dipaparkan di depan kelas melalui proyektor, saya menyadari bahwa pemahaman saya mengenai software masih sangat dangkal.

Pengertian SOFTWARE adalah :
Kumpulan item atau objek yang membentuk konfigurasi yang terdiri dari :
  • Program
  • Data
  • Dokumen
Dokumen yang dimaksud yaitu : 
  • Petunjuk suatu program digunakan
  • Petunjuk suatu data disiapkan
  • Petunjuk bagaimana hasil suatu program dihasilkan
 Adapun karakteristik software :
  • "Software is engineered"
Software tidak diproduksi secara massal dan software harus diciptakan/diukur (engineered) sesuai kebutuhan
  • "Software doesn't wear out"
Software tidak lapuk dan dapat dipakai dalam jangka panjang
  • "Software is like an aging factory
 Software seperti pabrik yang menua, maksudnya ada suatu masa dimana suatu software tidak dapat digunakan lagi. Hal tersebut dapat terjadi jika ada perubahan data (mis : peningkatan produksi) atau dapat dikatakan tidak up-to-date
  • "Software is complex"
Software adalah sesuatu yang kompleks, sebab banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk membuatu software
  • "Software is a differentiator"
Software adalah "pembeda" atau ciri istimewa bagi seorang pebisnis sebab dalam suatu software terdapat banyak kelebihan yang bisa menjadi pembeda dengan software lain

Setelah itu, adapun grafik yang dipaparkan yang menggambarkan jangka waktu penggunaan suatu software.
Jika dilihat dari kurva ideal, suatu software yang telah selesai dirancang dapat dikatakan stabil apabila telah digunakan dan diperbaiki kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada saat penggunaan.
Namun jangka waktunya pun tidak akan terlalu lama karena adanya perubahan/peningkatan data dari suatu perusahaan yang memungkinkan suatu perusahaan mengganti software yang lama dengan yang baru.

Selain itu, jangka waktu penggunaan suatu software yang tidak lama karena terus dilakukan perubahan terhadap software tersebut sehingga tingkat kegagalannya meningkat akibat terus ditemukan kesalahan-kesalahan serta ditambah dengan user yang sudah bosan dengan software yang tidak pernah baik itu.

Materi dilanjutkan . . .

Macam-macam software :
  • System Software
Software yang digunakan untuk melayani software lain (Anti Virus, Windows, WinRAR, WinZIP, dll)
  • Real-time Software
Software yang melakukan pengolahan data pada waktu yang real/hasilnya langsung dirasakan pada waktu itu juga (Chatting, MSN, Mesin ATM, dll)
  • Business Software
Software yang digunakan untuk keperluan bisnis
  • Engineering / Scientific Software
Software yang digunakan untuk keperluan teknis / masalah pengukuran / sains
  • Embedded Software
Software yang dimasukkan ke dalam perangkat keras (AC,Jam Tangan, dll)
  • PC Software
Software yang digunakan untuk keperluan personal komputer (Microsoft Word, Windows Media Player, dll)
  • AI Software
Software yang digunakan untuk memprediksi sesuatu
  • Web Application
Suatu aplikasi komputer yang menggunakan internet / berbasis web (Klik BCA, dll)

Game Section !
Pada awalnya, saya tidak mengetahui apa tujuan dari permainan ini namun diakhir permainan kami diperlihatkan slide yang memperlihatkan pembicaraan antara user(orang yang ingin dibuatkan program) dan develop(orang yang membuat program) maka dari situlah saya baru menyadari bahwa saya baru saja melakukan hal yang mirip dengan orang yang melakukan pembicaraan itu.

Cara bermain :
Kami diberikan potongan kertas kecil yang di dalamnya ada nama 2 material, dimana kami diperintahkan agar membayangkan suatu objek yang dapat dibuat dari material tersebut (menjadi bahan utamanya) dan yang terpenting nama material serta objek(judul projek) hanya boleh diketahui diri sendiri.
Setelah itu, kami dibagi secara kelompok, 1 kelompok terdiri dari 2 orang. Kami diperintahkan untuk saling bertanya untuk menebak nama material dan objek yang ingin dibuat oleh teman sekelompok kami. Setiap pertanyaan teman sekelompok, saya catat di selembar kertas agar dapat menjadi dokumentasi (bukti). Namun setiap pertanyaan yang kami utarakan harus dipikirkan dengan baik agar dapat dengan mudah mengetahui objek(judul projek) dan nama material teman kelompok kami masing-masing. Jawaban untuk setiap pertanyaan teman hanya boleh di jawab dengan jawaban YA atau TIDAK ! Dan disitulah kami mendapat tantangan dalam memikirkan pertanyaan yang ingin kami ajukan @.@

Hasilnya pun ada kelompok yang berhasil menebak, adapun yang tidak berhasil. 
Menurut saya, kelompok yang berhasil menebak yaitu kelompok yang masing-masing anggotanya menuliskan tujuan pembuatan objeknya secara gamblang/terbuka.
Sebaliknya kelompok yang tidak berhasil disebabkan penulisan tujuan yang singkat.

Materi selanjutnya . . .
Materi selanjutnya yaitu Software Process.
Dimana kami diperkenalkan dengan Waterfall Model.

Materi selanjutnya akan membahas lebih lanjut mengenai Waterfall Model..
Tunggu info selanjutnya yaa . . ^^

T h a n k y o u ~

No comments:

Post a Comment